Tanya Jawab Fiqigh

🕯 TAKTIS #3 🕯
(TAnya jawab fiKih prakTIS)

📝 Pertanyaan & Ilustrasi:

Saya dan adik melakukan shalat subuh berjamaah (2 orang). Saya sebagai imam, dan adik sebagai makmum. Saat sujud di rakaat pertama, adik batal shalatnya. Yang saya tanyakan:
1️⃣ Apakah saya tetap membaca jahr (mengeraskan suara) di rakaat kedua ataukah membaca sirr (mengecilkan suara) mengingat adik saya batal shalatnya?
2️⃣ Apakah adik saya wajib memberitahu kepada saya baik ketika saya masih shalat ataupun setelah saya selesai shalat bahwa shalatnya dia batal?

Pertanyaan diperoleh dari anggota grup WA IMAN & AL IMAN yang bertanya melalui Google Form

💡 Jawaban:

1️⃣ Dalam konteks pertanyaan di atas, ketika makmum batal maka status jamaah juga berakhir yang artinya si imam menjadi munfarid. Hukumnya pun mengikuti hukum shalat munfarid yaitu tetap disunnahkan menjahr-kan bacaan shalat layaknya imam (karena shalat subuh);

2️⃣ Tidak wajib bagi si adik memberitahu.

NB: Untuk poin 2, jika si imam mengetahui bahwa makmum (adik) batal dan dia tidak yakin atau tidak ada dugaan kuat bahwa makmum (adik) akan kembali bergabung dalam shalat jamaah bersamanya, maka menurut dhohir ‘ibarat mengarah pada wajibnya si imam untuk memutus niat imamahnya dalam hati. Yang diputus hanya niat menjadi imamnya saja bukan memutus niat secara keseluruhan. ‘Ibarat shorih akan hal ini memang masih belum ditemukan tetapi menimbang hubungan beberapa ‘ibarat maka lebih aman untuk memutus niat imamah.

Rujukan:

  1. Kitab Fiqih ‘ala Madzahib Al Arba’ah
  2. Kitab Majmu’ Syarh Al Muhadzzab
  3. Kitab Tuhfatul Muhtaj Fii Syarh Al Minhaj
  4. Kitab Fatawa Fiqih Al Kubro
  5. Kitab Fathul Mu’in Wa Hasyiyah I’anatuttholibin
    …………………………………………………….

👥 FB: facebook.com/buletin.aliman.39
🏛 FB Grup: IMAN (Ikatan Mahasiswa Nahdliyyin)
📷 IG: instagram.com/al_iman_org
📺 Youtube: youtube.com/IMANPKNSTAN

🕌 AL IMAN PKN STAN 🕌

بحيث لو بطلت صلاة المأموم لا تبطل صلاة الإمام، أما إذا بطلت صلاة الإمام فإن صلاة المأموم تبطل، لأنه قد ربط صلاته بصلاة الإمام،
…………………………………………………….
محله كما بحث بعض المتأخرين إذا لم يترتب على القطع تعطيل الجماعة كأن لم يكن في المحل إلا اثنان فأحرم أحدهما خلف الآخر ثم أراد المفارقة قبل حصول ركعة وإلا فيحرم القطع
…………………………………………………….
فالسنة الجهر في ركعتي الصبح والمغرب والعشاء وفى صلاة الجمعة والاسرار في الظهر والعصر وثالثة المغرب والثالة والرابعة من العشاء وهذا كله باجماع المسلمين مع الاحاديث الصحيحة المتظاهرة علي ذلك هذا حكم الامام وأما المنفرد فيسن له الجهر عندنا وعند الجمهور
…………………………………………………….
وقلنا: ليس لك أن تنوي الإمامة فإن فعلت بطلت صلاتك؛ لأنك منفرد يقينا, والاقتداء بك مشكوك فيه فلا يجوز لك نية الإمامة مع الشك.
…………………………………………………….
(قوله: وتصح نيتها) أي الإمامة.
(قوله: إن وثق بالجماعة) قيد لصحة نيتها إذا لم يكن خلفه أحد، ومفاده أنه إذا لم يثق بها لا تصح نيته للإمامة، فإن نوى بطلت، لتلاعبه.
وبه صرح سم، وعبارته: (فرع) المتبادر من كلامهم أن من نوى الإمامة وهو يعلم أن لا أحد يريد الاقتداء به لم تنعقد صلاته، لتلاعبه، وأنه لا أثر لمجرد احتمال اقتداء جني أو ملك به.
نعم، إن ظن ذلك لم يبعد جواز نية الإمامة أو طلبها.
اه.
(وقوله: على الأوجه) مقابله أنها لم تصح، وأن وثق بالجماعة.
(قوله: لأنه سيصير إماما) تعليل لصحة نية الإمامة إذا لم يكن خلفه أحد.
[البكري الدمياطي ,إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ,2/26]

Leave a comment