Hukum Memakan Daging Sapi Yang Tidak Tau Informasj Menyembelihnya

๐Ÿ•ฏ TAKTIS #1 ๐Ÿ•ฏ
(TAnya jawab fiKih prakTIS)

๐Ÿ“ Pertanyaan:
Budi melanjutkan pendidikan S2-nya di China. Tempat tinggal Budi di negara tersebut dekat dengan sebuah rumah makan “Rindfleisch Restaurant” yang menjual daging sapi panggang. Jika mayoritas masyarakat di wilayah tersebut adalah pemeluk agama Buddha, kemudian semua karyawan serta pemilik rumah makan juga beragama Buddha, Bagaimana hukum memakan daging sapi di rumah makan tersebut jika Budi tidak mau meminta informasi pada si pemilik rumah makan?

๐Ÿ’ก Jawaban:
Hukum asal terkait sembelihan hewan yang halal dimakan dagingnya adalah HARAM sampai ada kepastian (keyakinan) akan kehalalannya yaitu telah disembelih secara syariat (si penyembelih dan cara penyembelihan sudah sesuai syariat). Jika ragu-ragu apakah yang menyembelih adalah orang islam/ahlul kitab ataukah selain mereka maka haram memakan daging tersebut karena dikembalikan ke hukum asal. Keharaman ini bisa hilang (dianggap hilang secara syariat meski ada keraguan) jika berada di wilayah yang mayoritas penduduknya islam/ahlul kitab, sehingga:
โœ”๏ธ Jika mayoritas penduduk di suatu wilayah adalah islam/ahlul kitab maka halal memakan daging tersebut, berlaku sebaliknya maka haram;
โœ”๏ธ Jika di suatu wilayah tidak diketahui mana yang mayoritas antara orang islam/ahlul kitab ataukah selain mereka, atau ragu-ragu mana yang lebih banyak, atau seimbang jumlahnya maka haram memakan daging tersebut.

Dari soal di atas maka hukumnya haram memakan daging sapi panggang tersebut.

Catatan:
1. Ahlul Kitab ada aturan dan syarat tersendiri, tidak dibahas disini sehingga jangan langsung disimpulkan terlebih dahulu terkait ahlul kitab
2. Yang jadi patokan “mayoritas” adalah di suatu wilayah (dalam hal ini bisa kecamatan atau kota). Jadi misal mayoritas penduduk di kecamatan atau kota X adalah beragama islam. Kemudian ada restoran Z di kecamatan atau kota tersebut yang semua karyawannya beragama Buddha atau Desa A yang semua penduduknya beragama Buddha, maka daging hewan di restoran atau desa tersebut tetap halal dimakan sepanjang tidak diketahui secara pasti/yakin bahwa yang menyembelih adalah orang yang beragama Buddha

Rujukan:

  1. Kitab Fatawa Al Fiqiyyah Al Kubro Li Syekh Ibnu Hajar Al Haitami
  2. Kitab Al Mantsur fii Qowaid Fiqiyyah Li Imam Az Zarkasyi
    โ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆ.

๐Ÿ‘ฅ FB: Buletin Al Iman https://www.facebook.com/buletin.aliman.39
๐Ÿ› FB Grup: IMAN (Ikatan Mahasiswa Nahdliyyin)
๐Ÿ“ท IG: al_iman_org https://www.instagram.com/al_iman_org/
๐Ÿ“บ Youtube: IMAN PKN STAN https://youtube.com/c/IMANPKNSTAN

๐Ÿ•Œ AL IMAN PKN STAN ๐Ÿ•Œ

ูˆุณุฆู„” – ู†ูุน ุงู„ู„ู‡ ุจุจุฑูƒุงุชู‡ – ุนู† ุดุงุฉ ู…ุฐุจูˆุญุฉ ูˆุฌุฏุช ููŠ ู…ุญู„ุฉ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ุจุจู„ุฏ ูƒูุงุฑ ูˆุซู†ูŠุฉ, ูˆู„ูŠุณ ููŠู‡ู… ู…ุฌูˆุณูŠ ูˆู„ุง ูŠู‡ูˆุฏูŠ ูˆู„ุง ู†ุตุฑุงู†ูŠ, ูู‡ู„ ูŠุญู„ ุฃูƒู„ ุชู„ูƒ ุงู„ุดุงุฉ ุงู„ู…ุฐุจูˆุญุฉ ุงู„ุชูŠ ูˆุฌุฏุช ููŠ ุชู„ูƒ ุงู„ู…ุญู„ุฉ ุฃู… ู„ุงุŸ “ูุฃุฌุงุจ” ุจุฃู†ู‡ ุญูŠุซ ูƒุงู† ุจุจู„ุฏ ููŠู‡ ู…ู† ูŠุญู„ ุฐุจุญู‡ ูƒู…ุณู„ู… ุฃูˆ ูŠู‡ูˆุฏูŠ ุฃูˆ ู†ุตุฑุงู†ูŠ, ูˆู…ู† ู„ุง ูŠุญู„ ุฐุจุญู‡ ูƒู…ุฌูˆุณูŠ ุฃูˆ ูˆุซู†ูŠ ุฃูˆ ู…ุฑุชุฏ ุฃูˆ ู…ุชูˆู„ุฏ ุจูŠู† ู…ู† ูŠุญู„ ุฐุจุญู‡ ูˆู…ู† ู„ุง ูŠุญู„ ุฐุจุญู‡, ูˆุฑุฆูŠ ุจุชู„ูƒ ุงู„ุจู„ุฏ ุดูŠุงู‡ ู…ุฐุจูˆุญุฉ ู…ุซู„ุง ูˆุดูƒ ู‡ู„ ุฐุจุญู‡ุง ู…ู† ูŠุญู„ ุฐุจุญู‡ ู„ู… ุชุญู„ ู„ู„ุดูƒ ููŠ ุงู„ุฐุจุญ ุงู„ู…ุจูŠุญ, ูˆุงู„ุฃุตู„ ุนุฏู…ู‡ ู†ุนู… ุจุญุซ ุจุนุถ ุงู„ู…ุชุฃุฎุฑูŠู† ุฃู† ู…ู† ูŠุญู„ ุฐุจุญู‡ ู„ูˆ ูƒุงู† ุฃุบู„ุจ ููŠ ุชู„ูƒ ุงู„ุจู„ุฏ ูƒุฃู† ูƒุงู† ุฃูƒุซุฑู‡ุง ู…ุณู„ู…ูŠู† ุฃูˆ ูƒุชุงุจูŠูŠู† ุญู„ุช ุชู„ูƒ ุงู„ุดูŠุงู‡ ุงู„ู…ุฐุจูˆุญุฉ ู…ุซู„ุง, ูˆุงู„ุนุจุฑุฉ ููŠ ุฐู„ูƒ ุจุงู„ุจู„ุฏ ุฏูˆู† ุงู„ู…ุญู„ุฉ ู…ู†ู‡ุง ุญุชู‰ ู„ูˆ ูƒุงู† ููŠ ุจู„ุฏ ู…ุญู„ุฉ ูƒู„ ุฃู‡ู„ู‡ุง ู…ุณู„ู…ูˆู† ูˆุจู‚ูŠุฉ ู…ุญุงู„ู‡ุง ูƒูุงุฑ ุฃูˆ ูƒูุงุฑ ูˆู…ุณู„ู…ูˆู†, ูˆู…ู† ู„ุง ูŠุญู„ ุฐุจุญู‡ ุฃูƒุซุฑ ุญุฑู…ุช ุชู„ูƒ ุงู„ุดุงุฉ ูˆุฅู† ูˆุฌุฏุช ููŠ ู…ุญู„ุฉ ู…ู† ุงู„ุจู„ุฏ, ูˆู„ูŠุณ ุจุชู„ูƒ ุงู„ู…ุญู„ุฉ ูƒุงูุฑ. ู„ุฃู† ุงู„ุนุจุฑุฉ ู„ูŠุณ ุจุงู„ู…ุญู„ุฉ ูˆุญุฏู‡ุง, ุจู„ ุจุฌู…ูŠุน ุงู„ุจู„ุฏ, ูˆุงู„ุญุงุตู„ ุฃู† ุงู„ู…ุฏุงุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ุดูƒ ูุญูŠุซ ุดูƒ ููŠ ุฐุงุจุญ ุชู„ูƒ ุงู„ุดุงุฉ, ูˆู…ู† ู„ุง ูŠุญู„ ุฐุจุญู‡ ุฃูƒุซุฑ ุญุฑู…ุช ูˆุฅู„ุง ูู„ุง ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู….

ุฌุงุก ููŠ [ุงู„ู…ู†ุซูˆุฑ ููŠ ุงู„ู‚ูˆุงุนุฏ ุงู„ูู‚ู‡ูŠุฉ 2/ 287] ู„ู„ุฅู…ุงู… ุงู„ุฒุฑูƒุดูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠู‘: “ูˆู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ุฃุจูˆ ุญุงู…ุฏ ูˆุบูŠุฑู‡: ุงู„ุดูƒู‘ ุซู„ุงุซุฉ ุฃุถุฑุจ: ุดูƒู‘ ุทุฑุฃ ุนู„ู‰ ุฃุตู„ ุญุฑุงู…ุŒ ูƒุดุงุฉ ู…ุฐุจูˆุญุฉ ููŠ ุจู„ุฏ ููŠู‡ ู…ุณู„ู…ูˆู† ูˆู…ุฌูˆุณ ู„ุง ูŠุบู„ุจ ุฃุญุฏู‡ู…ุง ุงู„ุขุฎุฑ ูู„ุง ุชุญู„ู‘ุŒ ู„ุฃู†ู‘ ุฃุตู„ู‡ุง ุญุฑุงู…”.

Leave a comment